Sabtu, 30 Mei 2009

HASIL WAWANCARA MASYARAKAT MENGENAI
KH. MUHAMMAD ZAINI BIN ABDUL GHANI

Oleh : H. Hanafi (0601417757)
Diajukan sebagai tugas pada Mata Kuliah
Metodologi Penelitian Agama B
Dosen Pembimbing : Drs. Abdul Sani M. Ag







INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
FAKULTAS USHULUDDIN
JURUSAN PERBANDINGAN AGAMA
BANJARMASIN
2009

A. Sejarah singkat KH. Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani

Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Abdul Ghani bin Al ‘arif Billah Abdul Ghani bin H. Abdul Manaf bin Muhammad Seman bin H. M. Sa’ad bin H. Abdullah bin ‘Alimul ‘allamah Mufti H. M. Khalid bin ‘Alimul ‘allamah Khalifah H. Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (Guru Sekumpul), dilahirkan pada, malam Rabu 25 Muharram 1361 H (11 Februari 1942 M) .

Nama kecilnya adalah Qusyairi, sejak kecil beliau termasuk dari salah seorang yang "mahfuzh", yaitu suatu keadaan yang sangat jarang sekali terjadi, kecuali bagi orang yang sudah dipilih oleh Allah SWT.Sejak kecil, beliau sudah mempunyai sifat dan pembawaan lain daripada yang lain, di antaranya beliau tidak pernah ihtilam.Guru Zaini sejak kecil selalu berada di samping kedua orang tua dan nenek, Salbiyah. Beliau dididik dengan penuh kasih sayang dan disiplin dalam pendidikan. Tauhid dan Akhlak sudah ditanamkan sejak bayi oleh ayah dan nenek beliau. Belajar membaca Al Quran dengan neneknya. Begitu pula guru pertama bidang ilmu Tauhid dan Akhlak.Kehidupan kedua orang tua beliau dalam keadaan ekonomi sangat lemah, namun mereka selalu memperhatikan untuk turut membantu dan meringankan beban guru yang mengajar anak mereka membaca Al Quran, sehingga setiap malamnya beliau selalu membawa bekal botol kecil yang berisi minyak tanah untuk diberikan kepada Guru yang mengajar Al Quran.Guru KH Zaini Abd. Ghani : 1. Ditingkat Ibtida adalah: Guru Abd Mu'az, Guru Sulaiman, Guru Muh. Zein, Guru H. Abd. Hamid Husin, Guru H. Mahalli, Guru H. Rafi'I, Guru Syahran, Guru H. Husin Dakhlan, Guru H. Salman Yusuf 2. Ditingkat Tsanawiyah adalah: 'Alimul Fadhil H. Sya'rani'Arif, 'Alimul Fadhil H, Husin Qadri, 'Alimul Fadhil H. Salilm Ma'ruf, 'Alimul Fadhil H. Seman Mulya, 'Alimul Fadhil H. Salman Jalil. 3. Guru dibidang Tajwid ialah: 'Alimul Fadhil H. Sya'rani 'Arif, 'Alimul Fadhil At Hafizh H. Nashrun Thahir, 'Al-Alim H. Aini Kandangan. 4. Guru Khusus adalah: 'Alimul'allamah H. Muhammad Syarwani Abdan, 'Alimul'allamah Asy Syekh As Sayyid Muh. Amin Kutby. Sanad sanad dalam berbagai bidang ilmu dan Thariqat diterima dari:
Kyai Falak (Bogor), 'Alimul'allamah Asy Syekh Muh Yasin Padang (Mekkah). 'Alimul'allamah As Syekh Hasan Masysyath, 'Alimul'allamah Asy Syekh Isma'il Yamani dan 'Alimul'allamah Asy Syekh Abd. Qadir Al Baar. 5. Guru pertama secara Ruhani ialah: 'Alimul 'allamah Ali Junaidi (Berau) bin 'Alimul Fadhil Qadhi H. Muhammad Amin bin 'Alimul 'allamah Mufti H. Jamaluddin bin Syekh Muhammad Arsyad, dan 'Alimul 'allamah H. Muhammad Syarwani Abdan.Kemudian 'Alimullailamah H. Muhammad Syarwani Abdan menyerahkan kepada Kiai Falak dan seterusnya Kiyi Falak menyerahkan kepada 'Alimul'allamah Asy Syekh As Sayyid Muh. Amin Kutby, kemudian beliau menyerahkan kepada Syekh Muhammad Arsyad yang selanjutnya langsung dipimpin oleh Rasulullah saw.Atas petunjuk 'Alimul'allamah Ali Junaidi, beliau dianjurkan untuk belajar kepada 'Alimul Fadhil H. Muhammad (Gadung) bin 'Alimul Fadhil H. Salman Farlisi bin 'Allimul'allamah Qadhi H. Mahmud bin Asiah binti Syekh Muhammad Arsyad, mengenal masalah Nur Muhammad; maka dengan demikian diantara guru beliau tentang Nur Muhammad antara lain adalah 'Alimul Fadhil H. M. Muhammad tersebut diatas.
Dalam usia kurang lebih 10 tahun, sudah mendapat khususiat dan anugerah dari Tuhan berupa Kasyaf Hissi yaitu melihat dan mendengar apa yang ada di dalam atau yang terdinding.Dan dalam usia itu pula beliau didatangi oleh seseorang bekas pemberontak yang sangat ditakuti masyarakat akan kejahatan dan kekejamannya. Kedatangan orang tersebut tentunya sangat mengejutkan keluarga di rumah beliau. Namun apa yang terjadi, laki-laki tersebut ternyata ketika melihat beliau langsung sungkem dan minta ampun serta memohon minta dikontrol atau diperiksakan ilmunya yang selama itu ia amalkan, jika salah atau sesat minta dibetulkan dan dia pun minta agar supaya ditobatkan.
Beliau adalah seorang yang sangat mencintai para ulama dan orang yang shalih, hal ini tampak ketika beliau masih kecil, beliau selalu menunggu tempat yang biasanya 'Alimul Fadhil H. Zainal Ilmi lewati pada hari-hari tertentu ketika hendak pergi ke Banjarmasin semata mata hanya untuk bersalaman dan mencium tangan tuan Guru H Zainal Ilmi.
Karya tulis beliau adalah :- Risalah Mubarakah.- Manaqib Asy-Syekh As-Sayyid Muharnmad bin Abd. Karim Al-Qadiri Al Hasani As Samman Al Madani.- Ar Risalatun Nuraniyah fi Syarhit Tawassulatis Sammaniyah.- Nubdzatun fi Manaqibil Imamil Masyhur bil Ustadzil a'zham Muhammad bin Ali Ba-'Alwy.
Nasab Tuan Guru Zaini: H Muhammad Zaini Abdul Ghani bin Al 'arif Billah Abdul Ghani bin H Abdul Manaf bin Muhammad Seman bin H M, Sa'ad bin H Abdullah bin 'Alimul 'allamah Mufti H M Khalid bin 'Alimul 'allamah Khalifah H Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad.
B. Karomah (kelebihan) KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani
Berbagai karomah (kelebihan) telah diberikan oleh Allah kepada beliau, diantaranya:
a. Ketika beliau masih tinggal di Kampung Keraton (Martapura), biasanya setelah selesai pembacaan maulid, beliau duduk-duduk dengan beberapa orang yang masih belum pulang sambil bercerita tentang orang orang tua dulu yang isi cerita itu untuk dapat diambil pelajaran dalam meningkatkan amaliyah. Tiba tiba beliau bercerita tentang buah rambutan, pada waktu itu masih belum musimnya; dengan tidak disadari dan diketaui oleh mereka yang hadir beliau mengacungkan tangannya kebelakang dan ternyata di tangan beliau terdapat sebiji buah rambutan yang masak, maka heranlah semua yang hadir melihat kejadian akan hal tersebut. Dan rambutan itupun langsung beliau makan.
b. Ketika beliau sedang menghadiri selamatan dan disuguhi jamuan oleh shahibul bait (tuan rumah) maka tampak ketika, itu makanan, tersebut hampir habis beliau makan, namun setelah piring tempat makanan itu diterima kembali oleh yang melayani beliau, sesudah dilihat, ternyata makanan yang tampak habis itu masih banyak bersisa dan seakan-akan tidak pernah dimakan oleh beliau.
c. Pada suatu musim kemarau yang panjang, di mana hujan sudah lama tidak turun sehingga sumur-sumur sudah hampir mengering, maka cemaslah masyarakat ketika itu dan mengharap agar hujan bisa segera turun. Melihat hal yang demikian banyak orang yang datang kepada beliau mohon minta doa beliau agar hujan segera turun, kemudian beliau lalu keluar rumah dan menuju pohon pisang yang masih berada di dekat rumah beliau waktu itu, maka beliau goyang-goyangkanlah pohon pisang tersebut dan ternyata tidak lama kemudian, hujanpun turun dengan derasnya.
d. Ketika pelaksanaan Haul Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari yang ke 189 di Dalam pagar Martapura, kebetulan pada masa itu sedang musim hujan sehingga membanjiri jalanan yang akan dilalui oleh ‘Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syeikh H. M. Zaini Abdul Ghani menuju ke tempat pelaksanaan haul tersebut. Keadaan itu sempat mencemaskan panitia pelaksana haul tersebut, namun dan tidak disangka sejak pagi harinya jalanan yang akan dilalui oleh beliau yang masih digenangi air sudah kering, sehingga dengan mudahnya beliau dan rombongan melewati jalanan tersebut; dan setelah keesokan harinya jalanan itupun kembali digenangi air sampai beberapa hari kemudian.
Banyak orang orang yang menderita sakit seperti sakit ginjal, usus yang membusuk, anak yang tertelan peniti, ibu yang sedang hamil dan bayinya jungkir (sungsang) serta meninggal dalam kandungan, di mana semua kasus ini menurut keterangan dokter harus dioperasi. Namun keluarga sisakit kemudian pergi minta didoakan oleh ‘Allimul’allamah ‘Arif Billah Asy Syekh H. M. Zaini Abdul Ghani. Dengan air yang beliau berikan kesemuanya dapat tertolong dan sembuh tanpa dioperasi.
Demikianlah di antara karamah dan kekuasaan Tuhan yang ditunjukkan kepada diri seorang hamba yang dikasihi-Nya .
D. Pesan-pesan KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani
Beliau juga sempat memberikan beberapa pesan kepada seluruh masyarakat Islam, yakni:
1. Menghormati ulama dan orang tua
2. Baik sangka terhadap muslimin
3. Murah hati
4. Murah harta
5. Manis muka
6. Jangan menyakiti orang lain
7. Mengampunkan kesalahan orang lain
8. Jangan bermusuh-musuhan
9. Jangan tamak atau serakah
10.Berpegang kepada Allah, pada kabul segala hajat
11.Yakin keselamatan itu pada kebenaran.
E. Pandangan dan komentar mengenai KH. Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani.
Muhammad Irfani menyebutkan : “Beliau adalah sosok seorang Guru besar asli banua yang “bujuran kawa disambat Warasatul Ambiya” (benar-benar layak disebut sebagai pewaris para nabi)”
Ikhwan Mirza menuturkan: “semenjak ulun mengikuti pengajian Beliau, rasanya ilmu agama benar-benar bertambah dan bermanfaat”.
H. M. Zainuddin HB mengatakan: “kami setiap minggu rutin pergi ke pengajian Abah Guru, karena beliau adalah Waliyullah yang kasyaf Hissi zaman ini yang masih hidup, kapan lagi kita bisa bertemu dengan wali seperti beliau…mumpung beliau masih hidup.”
Guru Ahmad Subqi : “Abah Guru itu adalah sosok teladan umat yang mumpuni di bidang syariat, thariqat, hakikat, dan ma’rifat, dan beliau adalah seorang wali Quthbul Ghauts, sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Rasulullah dan murid beliau untuk meneladani akhlak dan petuah-petuah beliau semampu kita, insya Allah…”
Namun disamping pendapat dan komentar yang positif tentang beliau, ada pula sebagian pendapat dan komentar yang bernada kritik dan mungkin agak kurang simpatik, di antaranya adalah;
1. Habib Abdul Hamid al-Kaff , beliau berujar: “Sidin tu…sebagai tokoh agama seharusnya berbaur dengan masyarakat yang tarap ekonominya rendah, tapi kenapa beliau malah dikelilingi oleh orang-orang berduit, padahal beliau sendiri sering memberikan petuah tentang hidup zuhud dan sederhana!”.
2. H. Anang Husaini : “sabuting haja pang nang aku masih pina ragu lawan sidin tu, bujuran lah sidin tu wali? Maka wali tu harus menjauhi seluruh apa-apa yang dilarang Allah sampai yang syubhat-syubhat, tapi kenapa sidin masih haja lagi baroko…timbul pengikut sidin ma’anggap bahwa baroko tu sunnah. Sunnah Guru kalu lih?” (satu saja yang saya masih meragukan nahwa beliau, aapakah beliau benar-benar seorang wali? Bukankah wali itu harus menjauhi seluruh apa-apa yang dilarang Allah, termasuk perkara yang syubhat, tapi mengapa beliau masih merokok…akibatnya pengikut-pengikut beliau beranggapan bahwa merokok itu hukumnya sunnah. Mungkin sunnah-nya Guru…)
Komentar-komentar Pro dan Kontra di atas adalah komentar yang telah berhasil penulis himpun dalam beberapa wawancara yang penulis lakukan di lapangan. Namun terlepas dari itu semua KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani adalah seorang tokoh agama terkemuka di Kalimantan Selatan, yang telah banyak memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan ilmu agama dan spiritual di tengah-tengah masyarakat. Sehingga nama beliau selalu disebut-sebut dan jadi contoh teladan bagi segenap lapisan masyarakat.
F. Peta ziarah kubah Guru Sekumpul
Setelah dirawat selama lebih kurang 10 hari di rumah sakit Mount Elizabeth Singapura, karena penyakit ginjal yang beliau derita, KH. M. Zaini bin Abdul Ghani wafat di Martapura pada hari Rabu, 5 Rajab 1426 H bertepatan dengan 10 Agustus 2005. dan di bawah adalah peta letak makam beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar